Jumat, 15 Agustus 2014

Manfaat Rumman (Buah Delima)

Allah berfirman, "Di dalamnya  (surga) ada buah-buahan, pepohonan kurma dan delima." (QS. Ar-Rahman : 68)

                                 

Ibnu 'Abbas meriwayatkan sebuah hadist, "Masing-masing dari buah delima kalian diserbuki oleh benih delima surga.

Harb dan yang lainnya meriwatkan dari Ali yang berkata : " Makanlah delima dengan kulitnya, sebab dapat membersihkan perut."

"Dan Dialah yang menurunkan hujan dari langit lalu Kami tumbuhkan dengan air hujan itu segala jenis tumbuh-tumbuhan, kemudian Kami keluarkan dari padanya tanaman yang menghijau, Kami keluarkan pula dari tanaman itu butir-butir (buah) yang bergugus-gugus, dan buah yang mudah dicapai dan dipetik dan (Kami jadikan) kebun-kebun dari anggur dan zaitun serta buah delima, yang bersamaan (bentuk, rupa, dan rasanya) dan yang tidak bersamaan. Perhatikanlah kamu kepada buahnya apabila ia berbuah, dan ketika masaknya. Sesungguhnya yang demikian itu mengandungi tanda-tanda (yang menunjukkan kekuasaan Kami) bagi orang-orang yang beriman." (QS : Al-An'am : 99)

Delima manis bersifat panas dan basah, berguna untuk perut dan memperkuat perut karena memiliki zat konstipasi ringan. Delima berguna bagi tenggorokan, dada, paru-paru serta melegakan batuk. Jus delima merelaksasi perut, bergizi, cepat dicerna karena manisnya dan menghasilkan panas bersama udara dalam perut. Buah ini meningkatkan produksi sperma, tapi tidak cocok bagi orang-orang yang menderita demam.

Delima memiliki kuantitas khusus, yakni dapat mencegah roti menjadi busuk di dalam perut bila dimakan dengan delima. Delima asam bersifat dingin dan kering serta memiliki daya penahan. Jarah ringan, jenis delima ini menyembuhkan perut yang berlebihan panasnya dan membantu memproduksi lebih banyak urine dibandingkan jenis delima lainnya. Delima asam juga meredakan gejala-gejala penyakit kuning, menghentikan buang air akibat obat pencahar, mencegah muntah, melunakkan ampas makanan, menghentikan panas dalam liver, menguatkan organ-organ, meredakan goncangan liver, sakit jantung dan sakit bibir lambung. Delima memperkuat perut , membebaskannya dari kotoran dan meredakan penyakit kuninh serta baik bagi darah.

Jus delima yang dimasak dengan sedikit madu hingga seperti salep dan digunakan sebagai tetes mata dapat menjernihkan rona kuning mata dan dapat menghancurkan kelembaban yang padat. Jika diletakkan di gusi dapat menyembuhkan bintik-bintik merah pada gusi. Juga, jus delima yang diestrak dengan kulit buahnya dapat berfungsi sebagai obat pencahar dan dapat membebaskan tubuh dari kelembaban-kelembaban liver septis, serta mengobati demam jangka pendek.

Kuliatas delima yang rasanya sepat berada di tengah-tengah antara dua jenis lain yang telah kami sebutkan, meskipun jenis ini lebih condong ke arah asam. Biji delima yang dicampur dengan madu dapat mengurangi jari septis (agnail) dan koreng-koreng yang berbahaya. Bunga delima juga membantu menyembuhkan luka-luka. Dikatakan bahwa "jika seseorang menelan tiga bunga delima setiap tahun, ia akan selamat dari radang selaput mata sepanjang tahun".

Dan berikut manfaat lain dari Rumman (Buah Delima) :

Melindungi Organ Hati dan Ginjal
Bahwa ekstrak delima mencegah kerusakan ginjal dan melindungi ginjal dari racun berbahaya. Selain itu, delima juga melindungi hati dan membantu untuk meregenerasi hati yang mengalami kerusakan.


Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Delima dan jus delima meningkatkan kekebalan tubuh. Delima diketahui sarat dengan vitamin C


Anti Alergi
Delima kaya akan polifenol dosis tinggi yang telah terbukti mengurangi proses biokimia yang terkait dengan alergi.

Mencegah Penyakit Jantung
Delima meningkatkan kemampuan tubuh untuk mensintesis kolesterol dan menghancurkan radikal bebas dan sistem vaskular.


Mencegah Kanker
Jus buah delima dan ekstrak delima dapat menyebabkan kematian sel kanker. Delima juga dapat mencegah kanker payudara dan penurunan perkembangan kedua jenis kanker kulit, karsinoma sel basal dan karsinoma sel skuamosa


Melindungi DNA
Fitonutrien dan antioksidan dalam buah delima berinteraksi dengan materi genetik tubuh untuk melindunginya


Menormalkan Tekanan Darah
Ekstrak buah delima dapat membantu mencegah tekanan darah meningkat terkait dengan makan makanan yang berlemak.


Mengatur Sindrom Metabolik
Buah Delima membantu mengatur gula darah, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, mampu melawan peradangan, dan meningkatkan berbagai faktor lain yang terlibat dalam sindrom metabolis yang kerap dikaitkan dengan obesitas dan pemicu diabetes. Karena efek ini, delima dapat membantu penurunan berat badan.


Melindungi Dari Infeksi
Ekstrak buah delima meningkatkan efektivitas obat yang digunakan terhadap tumbuhan gram negatif yang selam ini dikenal resisten terhadap obat.


Melindungi Dari Penyakit Alzheimer
Buah Delima mencegah atau memperlambat perkembangan penyakit yang umumnya terkait usia. Ekstrak delima menunjukkan pengurangan akumulasi plak dan amyloidal yang terkait penyakit ini.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar